Tag Active RFID (radio frequency identification) adalah sensor bertenaga baterai yang mengumpulkan dan mengirimkan data ke perangkat khusus.

Sistem RFID aktif terdiri dari pembaca, tag, dan antena. Tidak seperti tag RFID pasif yang hanya berisi antena dan microchip tanpa sumber daya internal, tag RFID aktif memiliki sumber dayanya sendiri – baterai tahan lama yang memungkinkan tag untuk mengirimkan data secara terus menerus, terlepas dari apakah itu berada di jangkauan reader RFID.

Ada dua jenis tag RFID aktif: transponders dan beacons. Transponder hanya berkomunikasi ketika berada di sekitar pembaca. Sedangkan beacon menyiarkan secara konstan. Sejumlah karakteristik unik khusus untuk tag RFID aktif. Karena tag RFID sering diperlukan untuk bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras seperti suhu ekstrem atau curah hujan, beberapa di antaranya terbungkus dalam cangkang pelindung. Mengingat persyaratan ukuran baterai, kabel dan bagian luar yang tahan lama, tag RFID aktif lebih besar daripada tag pasif.

RFID Active-vs-Passive
RFID Active-vs-Passive

Beberapa juga memiliki sensor terpasang yang melacak parameter lingkungan seperti suhu, kelembaban, cairan, dan konsumsi daya. Mereka juga dapat digunakan untuk kasus penggunaan yang sangat spesifik, seperti merasakan ketika pintu kontainer terbuka dan ada perubahan suhu. Ini memberi pengirim wawasan tambahan yang memungkinkan mereka melakukan penyesuaian penting, seperti mengubah rute pengiriman jika rusak.

Tag RFID aktif membutuhkan kekuatan sinyal yang rendah untuk berkomunikasi dan dapat disiarkan hingga dan bahkan melampaui kisaran 100 meter. Biaya per tag berkisar antara $ 15 hingga lebih dari $ 100, tergantung pada kemampuannya. Biaya tinggi umumnya membuat tag RFID aktif terlalu mahal untuk aplikasi inventaris sederhana. Mereka lebih baik untuk melacak barang bernilai tinggi seperti kargo. Industri yang biasanya menggunakan tag RFID aktif selain pengiriman dan logistik termasuk manufaktur penjualan mobil, kesehatan dan medis, konstruksi, pertambangan, pemantauan jarak jauh, dan manajemen aset TI.

Tagged: A