Biometric verification atau verifikasi biometrik adalah segala cara untuk mengidentifikasi seseorang secara unik dengan mengevaluasi satu atau lebih ciri biologis. Proses identifikasi ini meliputi retina scansiris scansfingerprint scansfinger vein scansfacial recognitionvoice recognition, geometri tangan dan bahkan geometri daun telinga. Bentuk tertua dari verifikasi biometric adalah verifikasi sidik jari atau fingerprinting.

Sejarawan telah menemukan contoh sidik jari yang digunakan sebagai alat identifikasi unik pada segel tanah liat pada zaman Cina kuno. Verifikasi biometrik telah maju pesat seiring dengan munculnya basis data terkomputerisasi dan digitalisasi data analog, memungkinkan identifikasi pribadi yang lebih cepat.

Metode otentikasi pola iris (Iris-pattern) dan pola retina (retina-pattern) sudah digunakan di beberapa mesin teller otomatis bank. Pengenalan bentuk gelombang suara, metode verifikasi yang telah digunakan selama bertahun-tahun dengan rekaman kaset di penyadapan telepon, sekarang digunakan untuk akses ke bank data eksklusif di fasilitas penelitian.

perbedaan iris dan retina scan

Teknologi pengenalan wajah telah digunakan oleh penegak hukum untuk memilih individu dalam kerumunan besar dengan keandalan yang cukup besar. Geometri tangan digunakan di industri untuk menyediakan akses fisik ke bangunan.

Geometri daun telinga telah digunakan untuk menyangkal identitas individu yang mengaku sebagai seseorang yang bukan mereka (pencurian identitas).

Geometri daun telinga

Perbandingan tanda tangan tidak dapat diandalkan, dengan sendirinya, sebagai metode verifikasi biometrik lainnya tetapi menawarkan lapisan verifikasi tambahan ketika digunakan bersama dengan satu atau lebih metode lain.

Apa pun metodologi biometrik yang digunakan, proses verifikasi identifikasi tetap sama. Catatan karakteristik unik seseorang ditangkap dan disimpan dalam database.

Kemudian, ketika verifikasi identifikasi diperlukan, catatan baru ditangkap dan dibandingkan dengan catatan sebelumnya dalam database. Jika data dalam catatan baru cocok dengan dalam database, identitas orang tersebut dikonfirmasi.

Tagged: B