E-mail (electronic mail) adalah pertukaran pesan yang disimpan komputer dengan telekomunikasi. (Beberapa publikasi mengeja email; kami lebih memilih ejaan email yang saat ini lebih mapan.) Pesan email biasanya dikodekan dalam teks ASCII. Namun, Anda juga dapat mengirim file non-teks, seperti gambar grafik dan file suara, sebagai lampiran yang dikirim dalam aliran biner. E-mail adalah salah satu penggunaan Internet pertama dan masih merupakan penggunaan yang paling populer. Persentase besar dari total lalu lintas melalui Internet adalah email. E-mail juga dapat dipertukarkan antara pengguna penyedia layanan online dan di jaringan selain Internet, baik publik maupun private.

E-mail dapat didistribusikan ke daftar orang dan juga perorangan. Daftar distribusi bersama dapat dikelola dengan menggunakan e-mail reflector. Beberapa milis memungkinkan Anda berlangganan dengan mengirim permintaan ke administrator milis. Milis yang dikelola secara otomatis disebut list server.

E-mail adalah salah satu protokol yang termasuk dalam paket protokol Transport Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP). Protokol populer untuk mengirim email adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan protokol populer untuk menerimanya adalah POP3. Netscape dan Microsoft memasukkan utilitas email dengan Web browsers mereka.

Tagged: E