Erbium amplifier (Penguat erbium), juga disebut optical amplifie (penguat optik) atau erbium-doped fiber amplifier atau EDFA, adalah pengulang optik atau IR yang menguatkan sinar laser termodulasi secara langsung, tanpa konversi opto-elektronik dan elektro-optik. Perangkat ini menggunakan panjang pendek serat optik yang diolah dengan erbium elemen rare-earth. Ketika sinar laser pembawa sinyal melewati serat ini, energi eksternal diterapkan, biasanya pada panjang gelombang IR. Pemompaan yang disebut ini menggairahkan atom-atom di bagian serat optik yang didoping erbium, meningkatkan intensitas sinar laser yang melewatinya. Balok yang muncul dari EDFA mempertahankan semua karakteristik modulasi aslinya, tetapi lebih terang daripada balok masukan.

Dalam sistem komunikasi serat optik, masalah timbul dari kenyataan bahwa tidak ada bahan serat yang transparan secara sempurna. Balok cahaya tampak atau infra merah (IR) yang dibawa oleh serat dilemahkan saat mereka bergerak melintasi material. Ini mengharuskan penggunaan repeater dalam rentang serat optik yang lebih panjang dari sekitar 100 kilometer.

Repeater konvensional menempatkan sinyal optik termodulasi melalui tiga tahap: (1) konversi optik-ke-elektronik, (2) amplifikasi sinyal elektronik, dan (3) konversi elektronik-ke-optik. (Istilah optik meliputi IR dan juga energi cahaya tampak dalam konteks ini.) Pengulang jenis ini membatasi bandwidth sinyal yang dapat ditransmisikan dalam bentang panjang kabel serat optik. Ini karena, bahkan jika sinar laser dapat mentransmisikan beberapa gigabit per detik (Gbps) data, sirkuit elektronik repeater konvensional tidak bisa.

Selain menghilangkan konversi kompleks dan tidak efisien dan amplifikasi elektronik, EDFA memungkinkan transmisi sinyal yang menggunakan wavelength-division multiplexing (WDM). Ini meningkatkan bandwidth yang dapat direalisasi relatif terhadap repeater konvensional lebih jauh.

Tagged: H