file allocation table (FAT) adalah tabel yang dikelola oleh sistem operasi pada hard disk yang menyediakan peta cluster (unit dasar penyimpanan logical pada hard disk) tempat file disimpan. Ketika Anda menulis file baru ke hard disk, file disimpan dalam satu atau lebih cluster yang tidak harus bersebelahan; mereka mungkin agak tersebar luas di disk. Ukuran cluster yang khas adalah 2.048 byte, 4.096 byte, atau 8.192 byte. Sistem operasi membuat entri FAT untuk file baru yang merekam di mana setiap cluster berada dan urutan berurutannya. Ketika Anda membaca file, sistem operasi memasang kembali file dari cluster dan menempatkannya sebagai seluruh file di mana Anda ingin membacanya. Misalnya, jika ini adalah halaman Web yang panjang, mungkin sangat baik disimpan di lebih dari satu cluster di hard disk Anda.

Hingga Windows 95 OSR2 (OEM Release 2), entri tabel alokasi file DOS dan Windows panjangnya 16 bit, membatasi ukuran hard disk hingga 128 megabyte, dengan asumsi cluster ukuran 2.048. Dukungan hingga 512 megabyte dimungkinkan dengan asumsi ukuran klaster 8.192 tetapi dengan biaya penggunaan kluster yang tidak efisien. DOS 5.0 dan versi yang lebih baru menyediakan dukungan untuk hard disk hingga dua gigabyte dengan batas entri FAT 16-bit dengan mendukung FAT terpisah hingga empat partisi.

Dengan dukungan FAT entri 32-bit (FAT32) di Windows 95 OSR2, hard disk ukuran terbesar yang dapat didukung adalah dua terabyte! Namun, pengguna komputer pribadi lebih cenderung memanfaatkan FAT32 dengan 5 atau 10 gigabyte drive.

Lihat Juga fat Mac dan Virtual File Allocation Table.

Tagged: F