Metro Ethernet adalah penggunaan teknologi Carrier Ethernet di metropolitan area networks (MAN). Karena ini biasanya merupakan upaya kolektif dengan banyak kontributor keuangan, Metro Ethernet menawarkan efektivitas biaya, reliability, skalabilitas, dan manajemen bandwidth yang lebih unggul daripada kebanyakan jaringan berpemilik.

Metro Ethernet dapat menghubungkan jaringan area bisnis lokal (LAN) dan pengguna akhir individu ke jaringan area luas (WAN) atau ke Internet. Perusahaan, lembaga akademis, dan lembaga pemerintah di kota-kota besar dapat menggunakan Metro Ethernet untuk menghubungkan kampus atau kantor cabang ke intranet. Sistem Metro Ethernet tipikal memiliki jaringan bintang atau topologi jaringan mesh dengan masing-masing router atau server saling berhubungan melalui media kabel atau serat optik.

Teknologi Ethernet “murni” di lingkungan MAN relatif murah dibandingkan dengan Synchronous Digital Hierarchy (SDH) atau sistem Multiprotocol Label Switching (MPLS) dengan bandwidth yang sama. Namun, teknologi yang terakhir dapat diterapkan ke Metro Ethernet di daerah perkotaan yang bersedia mencurahkan sumber daya keuangan yang diperlukan untuk tugas tersebut.

Metro Ethernet
ilustrasi sederhana Metro Ethernet
Tagged: M