Microsoft Cloud Witness adalah fitur high availability (HA) untuk kluster failover yang menggunakan penyimpanan di platform cloud Microsoft Azure untuk memastikan kluster terus berfungsi jika ada pemadaman.

Fitur cloud saksi dapat menguntungkan organisasi yang memiliki cluster di beberapa situs atau menjalankan cluster Hyper-V kecil di lingkungan kantor / kantor cabang terpencil yang membutuhkan cadangan untuk skenario tersebut.

Cluster server biasanya berfungsi melalui sistem kuorum di mana setiap node dalam cluster berkontribusi satu vote untuk operasi cluster. Namun, sebagian besar bisnis menyebar secara merata di dua situs. Jika satu situs gagal, node cluster di situs itu menjadi tidak tersedia, meninggalkan cluster tanpa kuorum dan cluster mungkin tidak terus berfungsi dengan baik. Dengan menambahkan node lain dalam penyimpanan Azure, cluster dijamin memiliki kuorum node untuk menjaga agar cluster tetap berfungsi.

Organisasi harus memiliki akun penyimpanan Azure untuk menggunakan saksi cloud. Administrator menambahkan informasi akun Azure saat mengonfigurasi bagian saksi cloud dari kuorum kluster failover. Node kluster harus memiliki akses ke Internet dan membuka port HTTPS untuk menggunakan akun Azure.

Tagged: M