MOSPF (Multicast Open Shortest Path First) adalah ekstensi untuk protokol OSPF (Open Shortest Path First) yang memfasilitasi interoperasi antara router unicast dan multicast. MOSPF menjadi populer untuk multicasting jaringan eksklusif dan pada akhirnya dapat menggantikan RIP (Routing Information Protocol).

Berikut adalah penjelasan singkat tentang cara kerja MOSPF: Informasi multicast dikeluarkan di link state advertisements (LSA) OSPF. Informasi itu memungkinkan router MOSPF untuk mengidentifikasi grup multicast aktif dan local area networks (LAN) terkait. MOSPF membuat pohon distribusi untuk setiap sumber dan grup multicast dan pohon lain untuk sumber aktif yang mengirim ke grup. Keadaan pohon saat ini di-cache. Setiap kali status tautan berubah atau cache habis, struktur pohon harus dihitung ulang untuk mengakomodasi perubahan baru.

MOSPF menggunakan sumber dan tujuan untuk mengirim datagram, berdasarkan informasi dalam basis data status tautan OSPF tentang topologi sistem otonom. Group-membership-LSA memungkinkan untuk mengidentifikasi lokasi masing-masing anggota kelompok. Jalur terpendek untuk datagram dihitung dari informasi itu.

MOSPF dirancang agar kompatibel dengan router OSPF non-multicast untuk meneruskan lalu lintas unicast biasa.

Tagged: M