Ruby adalah open source, interpreted, bahasa pemrograman berorientasi objek yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto, yang memilih nama batu permata untuk menyarankan “permata bahasa.” Ruby dirancang untuk menjadi sederhana, lengkap, dapat dikembangkan, dan portabel.

Dikembangkan sebagian besar di Linux, Ruby bekerja di sebagian besar platform, seperti kebanyakan platform berbasis UNIX, DOSWindowsMacintoshBeOS  dan OS/2, misalnya. Menurut para pendukung, sintaksis sederhana Ruby (sebagian terinspirasi oleh Ada dan Eiffel), membuatnya dapat dibaca oleh siapa saja yang akrab dengan bahasa pemrograman modern.

Ruby dianggap mirip dengan Smalltalk dan Perl. Para penulis buku Programming Ruby: The Pragmatic Programmer’s Guide, David Thomas dan Andrew Hunt mengatakan bahwa itu sepenuhnya berorientasi objek, seperti Smalltalk, meskipun lebih konvensional untuk digunakan – dan senyaman Perl, tetapi sepenuhnya berorientasi objek, yang mengarah ke program yang lebih terstruktur dan lebih mudah dikelola.

Agar sesuai dengan prinsip-prinsip extreme programming (XP), Ruby memungkinkan sebagian proyek ditulis dalam bahasa lain jika lebih cocok.

Tagged: R