Dalam pengembangan perangkat lunak, technical debt adalah metafora yang menyamakan pendekatan Extreme Programming yang semakin meningkat dengan memulai sesuatu dengan perolehan uang melalui pinjaman. Pinjaman moneter, tentu saja, harus dibayar kembali dengan bunga. Dalam hal pengembangan perangkat lunak, payback mengharuskan pengembang untuk memperbaiki program karena mereka belajar lebih banyak tentang bagaimana ia berinteraksi dengan aplikasi lain dan fitur mana yang pengguna akhir gunakan, atau tidak gunakan, atau berharap mereka miliki. Sama seperti utang moneter dapat dengan mudah lepas kendali jika tidak dikelola dengan baik, demikian juga technical debt.

Dalam bisnis, metafora sering digunakan untuk menggambarkan konsep bahwa suatu organisasi akan berakhir menghabiskan lebih banyak di masa depan dengan tidak mengatasi masalah teknis ketika pertama kali muncul dengan sendirinya. Asumsinya adalah bahwa jika suatu organisasi memilih untuk mengabaikan tindakan yang ia tahu harus diambil, organisasi akan mengambil risiko membayarnya dalam hal waktu, uang, atau kerusakan pada reputasi organisasi di masa depan.

Seiring berjalannya waktu, upaya untuk kembali dan mengatasi masalah awal mungkin menjadi rumit oleh perkembangan baru. Akhirnya masalah dapat mencapai titik kritis dan organisasi kemudian harus memutuskan apakah akan menghormati utang aslinya atau tidak dan terus menginvestasikan waktu dan upaya untuk memperbaiki masalah tersebut. Keputusan ini dapat dibuat lebih sulit dengan sesuatu yang disebut efek biaya hangus, yang merupakan kecenderungan emosional manusia untuk ingin terus berinvestasi dalam sesuatu yang jelas tidak berfungsi.

Metafora ini dikreditkan ke pengembang perangkat lunak Ward Cunningham, yang mungkin paling dikenal karena membuat wiki pertama. Cunningham mengusulkan agar menginstal perangkat lunak dan bekerja secepat mungkin tidak selalu merupakan hal yang buruk. Uang tunai yang telah diperoleh dengan pinjaman dapat segera dihabiskan. Demikian pula, produk perangkat lunak yang dikirimkan dengan cepat dapat memberikan manfaat langsung bagi bisnis yang membutuhkannya – sambil juga memberikan umpan balik yang berharga kepada pengembang program tentang bagaimana kode mereka bekerja di dunia nyata.

Tagged: T