VxWorks adalah sistem operasi waktu nyata (real-time operating system – RTOS) yang dapat digunakan dalam sistem tertanam. VxWorks dapat dikustomisasi dengan mudah dan dapat berjalan pada sebagian besar prosesor yang dirancang untuk komputasi terdistribusi.

VxWorks digunakan untuk mengontrol jaringan dan perangkat komunikasi, peralatan pengujian dan pengukuran, perangkat komputer, sistem otomotif, peralatan avionik (aeronautika dan astronautika) dan beragam produk konsumen.

VxWorks memiliki beberapa kesamaan dengan Unix dan termasuk shell, fungsi debugging, manajemen memori, pemantauan kinerja dan dukungan untuk multiprocessing. OS mencakup kernel untuk multitasking preemptive, respon interupsi, komunikasi antarproses dan sistem file.

Pemrograman dalam VxWorks bisa sulit bagi pemula karena programmer harus menulis kode berdasarkan kebutuhan. Namun, fakta bahwa ada konten minimal untuk disimpan dan dikembalikan berarti bahwa VxWorks menggunakan daya pemrosesan yang lebih sedikit daripada Unix, sehingga dapat berjalan lebih cepat.

VxWorks adalah merek dagang dari Wind River Systems, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam optimasi perangkat lunak dan berbasis di Alameda, California, AS.

Tagged: V